- Permainan Satu Indra (One Sense)
Ø Tujuan Permainan : penyegar suasana (energizer) dan perception
Ø Tempat Pelaksanaan : indoor or outdoor
Ø Waktu Pelaksanaan : 15 menit
Ø Alat dan bahan : a. Benda apapun yang bisa digenggam
b. Kain penutup mata.
Cara Bermain
Ø Peserta membentuk ligkaran. Jarak antarpeserta agak renggang sehingga tidak saling bersentuhan.
Ø Pemandu meminta peserta untuk memejamkan mata atau menggunakan penutup mata dan menjadi bisu.
Ø Pemandu kemudian menjatuhkan benda apapun dan dimanapun.
Ø Dengan kondisi mata masih tertutup, peserta diminta mengambil sesuatu yang didengarnya tanpa berbicara. Hal ini dilakukan peserta yang disebut namanya oleh pemandu atau bisa dilakukan secara bergantian.
Hikmah Permainan
Ø Manfaat permainan ini adalah dapat melatih kepekaan indra peserta, terutama pendengaran.
Ø Peserta dapat merasakan dan berempati terhadap kondisi sesamanya yang tidak mempunyai indra penglihatan.
- Benda Apakah Itu?
Ø Tujuan Permainan : Perception, ice breaking, and communication.
Ø Waktu Pelaksanaan : 15—20 menit
Ø Alat dan bahan : kertas dan alat tulis
Persiapan alat dan bahan
Ø Bagi peserta kedalam beberapa kelompok.
Ø Bagikan lembaran kertas kepada masing-masing kelompok. Ketua kelompok bertugas memegangi kertas dan alat tulis tersebut.
Ø Pemandu kemudian menggambarkan benda atau objek tertentu diudara dan meminta agar setiap kelompok untuk menyimaknya.
Ø Mintalah peserta dalam setiap kelompok mendiskusikan benda atau objek yang digambar oleh pemandu. Setelah itu, ketua kelompok menuliskan keputusan kelompok mengenai objek atau benda yang digambar tersebut.
Ø Gantilah dengan menggambar benda atau pbjek lain untuk ditebak oleh setiap kelompok.
Ø Pada akhir permainan, nilailah kelompok mana yang tebakannya tepat dan paling banyak. Kelompok tersebut keluar menjadi pemenang.
Variasi
Ø Peran pemandu menggambar objek atau benda bisa digilirkan kepada setiap kelompok.
Ø Kemudian, kelompok yang menyimak diminta untuk menebak benda atau objek yang digambar.
Ø Kelompok yang menjadi pemenang bisa berasal dari kelompok yang tebakannya tepat dan lebih banyak.
Ø Skor diberikan kepada kelompok yang tebakannya tepat dan kelompok yang menggambar objek ketika bisa ditebak oleh kelompok yang lain.
Hikmah Permainan
Ø Permainan ini dapat melatih persepsi dan pemahaman peserta terhadap suatu objek.
Ø Melatih setiap peserta untuk mengambil keputusan tim atau kelompok yang kadang harus dikompromikan dengan perbedaan pendapat dari anggota kelompok lainnya.
“Don’t Be Struggle”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar